-->

JENIS-JENIS ALAT BERAT

Alat berat adalah alat / mesin yang berukuran besar yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berat yang tidak mungkin digunakan kendaraan ringan.Tidak semua alat berat cocok untuk semua jenis medan maupun pekerjaan.Ada jenis alat berat yang digunakan pada pekerjaan atau daerah pertambangan, pertanian, pembuatan jalan, perindustrian, dan lain-lain.


          Dibawah ini ada beberapa jenis alat berat yang biasa kita temui atau tidak asing lagi didunia kerja : 
Dibawah ini ada beberapa jenis alat berat yang biasa kita temui atau tidak asing lagi didunia kerja maupun otomotif.
  1. TRACK TRAKTOR
Alat berat ini biasanya menggali permukaan tanah pada lengan bagian belakang dari alat ini. Selain itu pada bagian depan traktor ini dilengkapi oleh alat yang berguna untuk meratakan tanah serta membuat timbunan tanah pula karena lengan depan dari alat ini mampu terangkat pada ketinggian tertentu. Untuk menggerakan alat berat ini digunakan rantai baja sehingga tidak akan menyulitkan untuk melintas pada medan berlumpur maupun tanah liat.


  1. Chellenger
           Chellenger juga digunakan pada daerah-daerah pertanian untuk pekerjaan seperti pengangkut hasil-hasil pertaniah dari ladang menuju ke jalanan aspal. Dari jenis ban yang digunakan masih dengan sproket tatapi rantai yang menjadi penghubungnya adalah rantai karet dengan motif tapak yang menonjol sehingga lebih cocok bila digunakan pada ladang pertanian.


  1. EXCAVATOR
                  Excavator adalah jenis alat berat yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti menggali tanah, Alat berat yang satu ini memiliki kelebihan mampu memutar badannya 360 derajat  sehingga pada saat menggali tanah  Operator tinggal memutar badan kendaraan tanpa harus berpindah tempat dengan menggerakan tuas yang ada pada ruang kemudi. Ruang kemudi dari alat berat ini dilindungi oleh kaca serta rangka besi pada bagian dalam kaca guna melindungi operator dari kecelakaan kerja baik yang terjadi oleh kesalahan manusia maupun kejadian yang tidak diinginkan lainnya.



  1. MASS EXCAVATOR
                  Excavator jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis excavator lainnya, oleh karena itu mass excavator hanya digunakan pada daerah tambang oleh karena daya muat yang besar dari sendoknya. Selain itu juga untuk mengimbangi kendaraan yang mengangkut hasil tambang biasanya menggunakan off high way truck, dum truk, konstruksinya tidak jauh beda dengan jenis track excavator lainnya kecuali pada ukuran komponen yang sedikit berbeda.


  1. DOMOLITION EXCAVATOR
Excavator yang satu ini agak berbeda dengan jenis yang lain dari segi fungsinya, karena pada jenis ini  diperuntukan menghancurkan bangunan yang terbuat dari beton yang ingin dirubuhkan. Jangkauan lengan kearah atas excavator jenis ini  memiliki kelebihan dari excavator jenis lainnya.


  1. WHEEL EXCAVATOR
yang menjadi pembeda dari semua excavator dengan jenis ini yaitu penggunaan ban karet yang menjadi kelebihan dari excavator jenis ini sehingga memudahkan untuk memindakan alat berat ini karena tidak akan merisak aspal jika melintasi jalan raya. Jika akan mulai bekerja maka lengan untuk menetapkan teguh badan excavator akan diturunkan agar saat memutarkan badannya tumpuan akan semakin kuat.


  1. BACKHOE LOADER
Alat berat jenis ini adalah gabungan antara excavator pada bagian belakang sedangkan pada bagian depan loader ditambah lagi penggunaan ban karet sehingga membuat mobilitas alat berat ini menjadi tinggi karena cocok untuk berbagai medan baik itu aspal maupun tanah. Di tambah lagi dua tonggak yang dipasang pada bagian belakang untuk memudahkan pekerjaan mengeruk tanah Dan memindahkan ke tempat yang diinginkan.


  1. PNEUMATIC COMPACTOR
Pneumatic compactor adalah jenis alat berat yang digunakan untuk memadatkan permukaan tanah maupun jalan yang sedang di buat menjadi  jalanan beraspal.prinsip dasar dari pemadatan permukaan jalan yaitu dengan menggunakan tekanan angin yang terdapat pada tiap ban dari alat berat ini.


  1. VIBRATORY SOIL COMPACTOR
Dari nama alat berat ini kita sudah mampu menerka bahwa alat berat ini digunakan untuk meratakan permukaan tanah yang akan dipadatkan dengan jalan memberi getaran pada roda depan yang terbuat dari metal atau logam.akibat getaran yang dibebankan pada roda depan tersebut sehingga tanah menjadi padat. Pada pelaksanaannya terkadang alat berat ini juga digunakan untuk pemadatan pada jalan yang sedang diaspal. Imbas pemakaian alat ini adalah getarannya mampu membuat bangunan di sekitar pengerjaan aspal ikut tergetar.



  1. VIBRATOR ASPHALT COMPACTOR
Walau terkesan imut imut,justru alat ini termasuk kedalam jenis alat berat karena pengerjaannya justru gdigunakan untuk memadatkan permukaan jalan yang akan diaspal,konstruksi yang sengaja diperkecil ini dimaksudkan untuk meredam getaran yang berlebihan guna tidak meluas, prinsip kerja alat ini tetap saja menggunakan getaran sesuai dengan nama alat berat tersebut. Berbeda dengan vibratory soil compactor, jenis ini menggunakan roda logam baik depan maupun belakangnya.



  1. SOIL COMPACTOR
Sedikit memiliki kesamaan dengan compactor diatas dinama memiliki kesamaan dalam memadatkan permukaan tanah Soil compactor dilengkapi dengan blade yang berfungsi untuk meratakan tanah dengan jalan mendorong tanah yang berada didepan alat berat ini. Roda yang digunakan tetap roda metal atau logam dimana memiliki banyak tonjolan guna menekan permukaan tanah.

  1. LANDFILL COMPACTOR
Sedikit memiliki kesamaan dengan soil compactor yang digunakan pada daerah ladang, landfill compactor juga berfungsi membuat lubang pada permukaan tanah yang telah di ratakan oleh blade yang lebih lebar  pada bagian depan alat berat ini.

  1. TRACK SKIDDER
Alat berat jenis ini memiliki dua gabungan pengerjaan yaitu dozers pada bagian depan yang berguna untuk membuat jalur serta meratakannya sekaligus menarik atau meluncurkan batang kayu dengan menggunakan lengan pada bagian belakang (SKID),kendaraan ini menggunakan roda gigi sprocket sebagai penarik rantai metal atau logam. Terdapat juga besi atau frame pada kap mesin yang dihubungkan dengan bingkai kaca depan guna melindungi operator dari keadaan yang tidak diinginkan.


  1. wheel skidder
Sebagian besar konstruksi wheel skidder tidak jauh beda dari track skidder hanya saja roda yang digunakan adalah ban karet yang menggunakan final gear.letak kemudi alar ini berada pada gardan depan.


  1. MULTI TERRAIN LOADERS
Multi Terrain Loader memiliki fungsi yang sama dengan track loader yang berfungsi untuk memuat tanah kemudian mengangkut atau memindahkannya sesuai dengan keinginan operator, yang sedikit membedakan yaitu daya tampung muatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan track loader. Juga bentuk fisik yang lebih kecil dibandingkan track loader.


  1. SKID STEER LOADER
Tidak jauh beda dengan prinsip kerja wheel loader yang juga memuat material kemudian memindakankannya sesuai dengan keinginan operator, selain itu juga menggunakan roda ban karet. Yang menjadi kelebihannya yaitu pengoperasian yang mudah, kemampuan mengangkut yang baik serta bentuk yang lebih kecil, kemudian daya luncur yang baik.


  1. TRACK LOADER
Adalah jenis alat berat yang berfungsi untuk memuat material serta mengangkutnya untuk dipindahkan ke tempat yang diinginkan operator, dilengkapi oleh kuku-kuku yang memudahkan untuk proses pemuatan pada komponen pemuatnya, menggunakan rantai baja untuk memudahkan perpindahan ke tempat yang di tujuh pada medan tanah, Lumpur maupun pasir.


  1. WHEEL LOADER
Wheel Loader berfungsi untuk mengangkut serta memindahkan material ke tempat yang berbeda. Dilengkapi alat penampung material sementara untuk dipindahkan, kemudian menggunakan roda dengan ban karet sehingga mampu berpindah atau bekerja di segala medan. System kemudi yang juga membelokan gardan depan.

  1. FRONT SHOVELS
Alat berat ini berfungsi untuk menggali material tetapi alat penampungnya menghadap ke depan layaknya loader tetapi mampu mengangkat material lebih tinggi seperti excavator. alat berat in menggunakan rantai baja untuk bergerak atau berpindah.


Demikian beberapa contoh jenis-jenis alat berat yang biasa digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan.

LihatTutupKomentar