-->

Komponen Power Train Pada Alat Berat

Power train pada alat berat adalah suatu sistem dan rangkaian komponen yang berfungsi  meneruskan tenaga dari engine, mulai dari torque converter sampai final drive, menuju roda atau track. adapun Komponen Utama Power Train yang digunakan pada Alat Berat seperti Dozer, Wheel Loader, Excavator dapat dikelompokkan kedalam dua bagian yaitu : Mechanical power train dan Hydrostatic power train.

Komponen-komponen utama pada rangkaian mechanical power train adalah clutch / Torque Converter, transfer gear, transmission, differential / bevel gear dan final drive. Fungsi dari masing-masing komponen tersebut adalah :

Clutch / Torque converter berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga dari engine ke transmission secara mekanik (clutch) atau hidrolik (torque converter).

Transfer gear
Digunakan sebagai penerus tenaga menuju differential dan juga untuk menurunkan sumbu putar dari torque converter menuju transmission. Pada beberapa machine, seperti Wheel Loader, memiliki dua buah differential yaitu differential depan dan belakang. Penggunaan transfer gear dalam hal ini untuk membagi tenaga ke differential depan dan belakang, Tergantung posisi penempatannya. Terdapat dua jenis transfer gear, yaitu : Input transfer gear, terletak antara torque converter dan transmission dan Output transfer gear, terletak antara transmission dan differential

Transmission
Transmission berfungsi sebagai pengatur kecepatan gerak, arah gerak dan torsi. 

Differential
Differential berfungsi untuk meneruskan tenaga menuju final drive dan memungkinkan roda untuk berputar dengan kecepatan yang berbeda. 



Sedangkan Komponen-komponen utama pada rangkaian hydrostatic power train antara lain :
a. Hydraulic pump dan hydraulic motor 
Hydraulic pump diputar oleh engine dan akan menghasilkan aliran fluida untuk menggerakkan hydraulic motor. 

b. Hydraulic motor
Hydraulic motor berfungsi untuk merubah tenaga hidrolis dari oli menjadi tenaga mekanis untuk menggerakkan transmission atau final drive. 

 b. Transmission (bila dilengkapi)
Hydraulic motor berfungsi untuk merubah tenaga hidrolis dari oli menjadi tenaga mekanis untuk menggerakkan transmission atau final drive.

c. Differential (bila dilengkapi)
Differential berfungsi untuk meneruskan tenaga menuju final drive dan memungkinkan roda untuk berputar dengan kecepatan yang berbeda.

d. Final drive
Final drive berfungsi sebagai penghubung tenaga ke roda/track dan sebagai peningkat dan sebagai peningkat torsi paling akhir pada komponen power train.

Demikian tentang komponen power train pada alat berat, semoga bermanfaat.





LihatTutupKomentar