-->

Komponen Under Carriage Pada Alat Berat

Undercarriage adalah komponen bawah dari alat berat tipe track rantai  yang berfungsi sebagai pembawa dan pendukung unit alat berat. Menurut bentuknya undercarriage terbagi atas 2 macam yaitu :

Oval Track
Konstruksi oval track yaitu Sprocket berada pada bagian belakang machine dan idler berada pada bagian depan machine. Terdapat satu atau dua buah carrier roller pada bagian atas track frame dan sejumlah rangkaian track roller pada bagian bawah. Komponen penggerak machine yang langsung bersentuhan dengan tanah terdiri dari track link yang bekerja sebagai rantai penghubung dan track shoe sebagai tapakan.

Elevated Sprocket Track
Pada tipe ini memungkinkan final drive dan sprocket tidak memikul beban berat machine secara langsung dan lebih bersih dari lumpur karena posisinya berada diatas. Hal ini memungkinkan komponen final drive lebih awet, maschine lebih seimbang, gaya dorong (traksi) lebih tinggi dan memungkinkan track roller frame lebih fleksibel.


Komponen-komponen under carriage yang digunakan pada tractor /dozer adalah :

Track Link
Track link merupakan komponen yang berguna sebagai tempat pemasangan track shoe dan bantalan roller.



Track Pin
Track Pin bersama-sama dengan bushing berfungsi sebagai penahan dan  penyambung antara track link yang satu dengan yang lain.


Track bushing
Pada sistem undercarriage, track bushing dan track pin bersama-sama menahan track link dan menyambung track link yang satu dengan yang lain dan menyekat rangkaian antara link dan bushing.

Track link joint
Trak link berfungsi sebagai penyambung track track linksatu dengan yang lain.

Track Shoe
Track shoe berfungsi untuk menahan berat machine, menyediakan traksi melalui tahanannya dengan permukaan tanah guna memungkinkan track-type machine bergerak. Track shoe memiliki beberapa tipe sesuai dengan kondisi tempat machine beroperasi yang terdiri beberapa tipe yaitu : Single grouser shoe, Extreme service shoe, Double grouser shoe, Self cleaning low ground pressure shoe, Trapezoidal center hole shoe, Chopper shoe.


Track Roller
Track roller berfungsi menahan machine pada track dan memandu machine untuk tepat bergerak diatas track. Track Roller terdiri dua jenis, yaitu : Single flange roller, Double flange roller.

Carrier Roller
Carrier roller digunakan pada undercarriage pada yang berfungsi untuk menahan berat track antara idler dan sprocket. Carrier roller juga berfungsi menghaluskan gerakan track bagian atas.

Sprocket
Fungsi sprocket assembly adalah untuk meneruskan tenaga dari final drive menuju bushing track link. Gigi-gigi sprocket bekerja dengan menarik track bushing dan menggerakkan track group sehingga alat berat bergerak.


Idler
Idler berfungsi untuk memandu track keluar dan masuk ke track roller, menahan sebagian beban machine dan komponen yang memungkinkan kekencangan track dikontrol. Undercarriage dengan Elevated sprocket memiliki dua idler yang berada pada bagian dan belakang machine. Undercarriage dengan oval track hanya memiliki satu idler yang ada pada bagian depan machine.



Demikian tentang komponen under carriage pada alat berat, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar