-->

Tips perawatan Aki Alat Berat

Aki atau baterai adalah alat elektro kimia yang berfungsi untuk mensuplai listrik sebagai sumber tenaga pada sistem starter mesin, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen kelistrikan yang lainnya.

Aki pada alat berat seperti bulldozer, excavatorcompactormotor grader, wheel loader dan lain-lain, sebaiknya secara rutin dilakukan pemeriksaan. Karena aki sangat penting dalam mengoperasikan mesin dan komponen yang menggunakan listrik.  

Baterai yang mendapatkan perawatan yang baik biasanya hanya mampu bekerja secara maksimal kurang lebih 1,5 sampai 2 tahun. Apabila baterai tidak mendapatkan perawatan yang maksimal, maka umur dari baterai tidak akan lama, mengingat harga baterai yang semakin hari semakin mahal. Ada beberapa tips yang bias dilakukan untuk merawat aki atau baterai anda, antara lain :

1. Memeriksa terminal-terminal aki. Periksa apakah terjadi korosi atau tidak. Korosi dapat dibersihkan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminalnya. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak mampu kuat untuk memutar mesin. Beri gemuk atau grease pada terminal-terminal aki untuk mencegah korosi.

2. Selesai menggunakan alat berat, matikan dulu komponen-komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin, agar pada saat dihidupkan kembali beban aki terpusat ke ke sistem Stater.

3. Periksa Berat Jenis elektrolit aki dengan menggunakan hydrometer. Berat jenis electrolit yang baik adalah  1,25 – 1,27. Kalau kurang, aki harus segera di charge.

4. Jika Alat Berat tidak digunakan dalam waktu lama, lepas terminal negatif agar setrum di aki tidak terus menerus tersedot. Pelepasan kabel dari terminal aki sebaiknya dilakukan oleh mekanik supaya ECU tidak error.

Demikian beberapa tips perawatan aki alat berat, semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar