-->

Jenis-Jenis Final drive Pada Alat Berat

Final drive adalah komponen dari power train sebagai penggerak akhir yaitu menuju roda atau track. Fungsi final drive pada alat berat adalah untuk melipatgandakan torsi yang paling akhir. pada Final drive terdapat susunan roda gigi berupa satu set roda gigi lurus atau atau satu set roda gigi planet (planetary gear set) sebagai roda penggerak akhir yang berfungsi untuk mereduksi putaran dan meningkatkan torsi pada alat berat seperti excavator, wheel loader, dan lain-lain.

 Prinsip kerja final drive sama dengan prinsip kerja pada transmisi yaitu terjadi pengurangan kecepatan putar pada roda gigi yang mempunyai jumlah gigi yang tidak sama sehingga menghasilkan torsi yang meningkat.

Perbandingan reduksi gigi pada final drive umumnya 1 : 9 sampai 1 : 12, untuk reduksi yang kecil digunakan reduksi tunggal sedangkan untuk reduksi yang besar digunakan reduksi ganda atau menggunakan sistem roda gigi planet (planetary gear set).

Macam–macam final drive yang dipakai di alat berat yaitu:
Single reduction

Contoh alat berat yang menggunakan single reduction adalah wheel loader, traktor jenis kecil, scraper, off highway truck kecil, dan motor grader.

Double reduction
Jenis double reduction final drive ini dipergunakan pada off highway truck  atau lebih tinggi dan wheel loader.

Planetary gear set
Pada gambar di atas power dari transmission diteruskan ke differential dan menuju ke final drive melalui komponen final drive shaft. Gambar di atas adalah double reduction planetary gear set. Dari final drive shaft power masuk sebagai sun gear pada first reduction planetary gear. Ring gear adalah komponen yang statis, sehingga outputnya adalah carrier. Dari carrier pada first reduction planetary gear power dikirim ke second reduction planetary gear sebagai sun gear.

Pada second reduction planetary gear ring gear sama yaitu sebagai komponen yang statis. Sehingga carrier adalah outputnya dan langsung terhubung ke final drive wheel. Dan selanjutnya power dikirim ke roda. Final drive tipe ini dipakai di off high way truck.

Demikian tentang jenis- jenis final drive pada alat berat, semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar