-->

Pemeliharaan Berkala Sistem Hidrolik


Kegiatan pemeliharaan berkala pada sistem hidrolik ialah kegiatan yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu sesuai yang telah dijadwalkan. Kegiatan perawatan berkala Bertujuan agar kondisi, kemampuan dan daya tahan suatu kendaraan (alat berat), menjadi lebih baik dan lebih tahan lama. Perawatan berkala sistem hidrolik dapat  dibagi menjadi beberapa bagian, yakni : perawatan mingguan, perawatan bulanan, perawatan enam bulanan, dan perawatan tahunan.

Mingguan (Weekly)
Periksa level oli pada tangki hidrolik dan ditambah bila kurang.
Periksa filter(saringan), regulator (relief valve) dan pressure gauge apakah masih bekerja dengan baik. Pemeriksaannya dengan cara mengoperasikan sistem dan dianalisis. Apabila terdapat gangguan harus segera di perbaiki.

Periksa apakah pada katup-katup terdapat kotoran seperti : debu,  komponen yang tergores (chips) dan hal lain yang dapat menimbulkan gangguan. Jika memang ada bersihkan atau perbaiki.

Bulanan (Monthly)
Periksa kondisi konektor (pengikat), penghubung (konduktor) yang berupa selang atau pipa, apakah masih berfungsi dengan baik.

Periksa kondisi sambungan dengan perapatnya (seal), apakah ada kebocoran atau tidak.

Periksa saluran-saluran pada katup apakah ada kebocoran atau tidak. Bila terjadi kebocoran betulkan dengan cara menyetelnya.

Enam bulanan (Six monthly)
Periksa seal-seal pada komponen seperti pada silinder, motor hidrolik dan komponen lain.
.
Lakukan penyetelan-penyetelan antara lain penyetelan mur/baut pengikat, penyetelan transmisi seperti belt, kopling dan sebagainya.

Periksa bantalan/bearing pada silinder, batang torak, poros motor hidrolik dan sebagainya.

Tahunan (Yearly)
Penggantian oli/cairan hidrolik .

Demikian tentang perawatan berkala sistem hidrolik.


LihatTutupKomentar