Under carriage
carriage merupakan komponen alat berat tipe track yang mahal dengan harga
mencapai 20% dari harga unit/machine baru. Persentase biaya perawatan under
carriage mencapai 50% dari biaya keseluruhan biaya perawatan machine. Program
perawatan under carriage yang baik dapat mengurangi biaya operasi, oleh karena
itu program perawatan under carriage menjadi hal yang harus mendapat perhatian
serius dari pemilik unit alat berat.
Usia pakai dari komponen under carriage disebabkan oleh tipe pekerjaan
yang dilakukan oleh alat berat dan tipe material atau area operasi alat berat tersebut. Tipe pekerjaan yang
mempengaruhi usia pakai komponen under carriage antara lain :
Dozing dan Push Loading, biasanya
mengakibatkan tumpuan beban machine pada bagian depan dan menyebabkan kerusakan
lebih cepat pada bagian front roller dan idler.
Ripping dan Drawbar, mengakibatkan
tumpuan beban berpindah ke bagian belakang, sehingga menyebabkan kerusakan
lebih cepat pada bagian rear roller dan sprocket.
Loading, mengakibatkan tumpuan bergeser
dari depan ke belakang sehingga akan mempercepat kerusakan pada bagian rear
roller.
Excavating, mengakibatkan beban
bertumpu pada bagian samping.
Packing ,
pada saat machine beroperasi, material dapat menempel dan
melapisi bagian komponen seperti: rollers, links, sprocket teeth dan bushing. Packing
mengakibatkan komponen tidak dapat bersentuhan secara benar, hal ini
menyebabkan beban bertambah dan kerusakan komponen. adapun yang dapat membantu
mengurangi packing: Gunakan shoe tipe
center punch untuk daerah operasi pasir basah dan salju, Bersihkan komponen undercarriage
sesering mungkin, dan Gunakan roollers guard untuk daerah operasi tertentu.
Daerah atau situasi medan operasi juga
berpengaruh pada usia pakai komponen under carriage, antara lain:
- Bekerja pada daerah yang menanjak
mengakibatkan beban tertumpu pada bagian belakang machine sehingga kerusakan
lebih cepat terjadi pada rear carrier roller dan bushing.
- Bekerja pada
daerah turunan mengakibatkan beban tertumpu pada bagian depan machine sehingga
kerusakan lebih cepat terjadi pada front track dan front carrier rollers.
- Bekerja pada
daerah samping bukit, mengakibatkan beban tertumpu pada salah satu sisi machine
sehingga mempercepat kerusakan komponen di salah satu sisi machine.
- Bekerja di
daerah yang bertekanan, yang dapat mengakibatkan beban tertumpu pada rooler,
idler thread dan outer link.
Faktor-Faktor
Yang Menyebabkan Kerusakan Undercarriage
Berikut ini adalah
beberapa faktor yang mempengaruhi kerusakan under carriage:
Selalu menggunakan
shoe yang tipis (sempit).
Penggunaan
shoe yang sempit masih memberikan efek floatation pada unit. Semakin lebar
permukaaan shoe maka akan menyebabkan peningkatan kerusakan pada bushing,
sprocket, link, track roller, idler thread dan track joint.
Pengoperasian unit
/alat yang salah
Salah
satu cara terbaik untuk melindungi machine dari kerusakan yang tidak wajar
adalah dengan memastikan bahwa machine beroperasi secar benar. Beberapa kondisi
yang menyebabkan keausan dini pada komponen under carriage adalah sebagai
berikut: slip pada track, machine berjalan mundur secara berlebihan,
mengoperasikan machine pada kecepatan tinggi yang tidak diperlukan, selalu
memutar unit pada satu arah.
Penyetelan
track tidak benar
Setiap
jenis pekerjaan unit/machine alat berat mengakibatkan keausan berbeda dan
memerlukan track adjustment yang berbeda. Semisal apabila sebuah track sudah
di-adjust dengan benar pada kondisi track bersih, kemudian pada saat unit
beroperasi terdapat packing di beberapa komponen, maka packing tersebut akan
menyebabkan track menjadi lebih kencang. Track yang terlalu kencang akan
menyebabkan penekanan berlebih pada komponen under carriage. Penyetelan
kekencangan track yang salah dapat menyebabkan: kerusakan pada bushing dan
sprocket, kerusakan pada link, track rollers dan idler.
Prosedur
Penyetelan Track Tipe Elevated Sprocket
Penyetelan track juga harus
memperhatikan keselamatan kerja, grease yang keluar dari relief valve yang
bertekanan dapat sehingga menyebabkan
cedera atau kematian. Jangan mengamati relief valve untuk melihat apakah grease
keluar. Amati track atau track adjustment cylinder untuk melihat apakah track
sedang dikendorkan, Longgarkan relief valve hanya satu putaran, Gerakkan mesin
ke depan/maju. Biarkan mesin berhenti tanpa menggunakan rem kaki. Setel track
ketika Anda berada dalam kondisi operasi umum mesin. Jika kondisi penumpukan
material (packing)terjadi di tempat kerja, track harus disesuaikan dengan bahan
packing (packing material).
Jika
mesin tidak dilengkapi dengan carrier roller, kelonggaran(sag) track diukur di
antara sprocket dan front idler (B). Setelan dimensi (B) yang benar adalah 115
± 10mm (2,2 ± 0,4 inci).
Prosedur
Penyetelan Track yang Kendor
1.
Lepaskan access cover.
2. Tambahkan grease serbaguna (MPGM)
melalui track adjustment valve (5). Tambahkan MPGM hingga
dimensi (B) benar.
3. Operasikan mesin maju mundur untuk
menyamakan tekanan. Biarkan mesin melambat sampai
berhenti sepenuhnya. Jangan gunakan rem.
4. Ukur
kembali dimensi (B).
Prosedur
Penyetelan Track Kencang
1. Longgarkan relief valve (D)
dengan satu putaran atau 360 derajat. Biarkan grease keluar.
2. Tutup relief valve.
3. Tambahkan MPGM melalui track
adjustment valve (C). Tambahkan grease hingga dimensi (B) benar.
4. Pasang accesscover.
Roller Frame Oil Compartment
Pada bagian atas masing-masing
roller frame, terdapat sebuah cover plate dan fill plug. Di dalam bagian
belakang roller frame, terdapat dua buah kompartemen oli (oil compartment).
Compartment belakang (di bawah plug) mensuplai oli untuk pelumasan pada pivot
shaft dan bearing-bearing-nya.
Compartment depan, di bawah cover
plate, mensuplai oli untuk pelumasan tube pada bagian depan roller frame,
bearing depan, kunci-kunci, dan mekanisme penyetelan track (track adjustment
mechanism). Kedua compartment diisi dengan oli SAE 30. Setelah roller frame
dipasang, oli dapat ditambahkan pada lubang plug untuk membantu pengisian awal
pivot shaft oil compartment.
Pada tractor jenis track dengan
sprocket berukuran besar, ketinggian permukaan oli untuk pivot shaft
compartment diperiksa pada botol plastik yang terletak di bawah cover berengsel
di bagian belakang kiri engine compartment. Ketinggian permukaan oli harus
diperiksa setiap hari selama pemeriksaan keliling. Yang penting adalah bahwa
oli tidak ditambahkan di atas tanda penuh. Ini akan mencegah luapan bila oli
hangat. Jika ketinggian permukaan oli sering tampak rendah, maka harus
dicurigai adanya kebocoran. Pada tractor jenis track yang memiliki sprocket
berukuran lebih kecil, ketinggian permukaan oli diperiksa di bawah pelat pada
bagian atas roller frame. Ketinggian permukaan oli harus tepat di bawah lubang
sumbat pengisian (fill plug hole).
Oli di dalam compartment depan
harus diperiksa setiap 50 jam pengoperasian atau setiap pekan ( kiri).
Pemeriksaan ketinggian permukaan
oli dilakukan dengan mengamati ketinggian permukaan oli yang berhubungan dengan
dua permukaan horisontal pada track adjustment cylinder ( kanan). Kedua
permukaan tersebut menunjukkan ketinggian permukaan oli maksimum dan minimum.
Demikian pembahasan mengenai perawatan under carriage system, semoga bermanfaat.