Diffrential adalah salah satu komponen power train pada alat berat
yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari transmission ke final drive kiri
dan kanan, dan memungkinkan roda berputar dengan kecepatan berbeda pada saat
berbelok. Differential digunakan pada wheel type machine (machine
yang menggunakan roda) sedangkan pada track type machine (machine yang
menggunakan track) digunakan bevel gear.
Jenis-jenis differential pada alat berat antara lain : Conventional/standard
differential, No-SPIN differential, Limited slip differential, Differential
lock.
1. Standard Differential
Differential membagi torque selalu
sama pada final drive kiri maupun kanan. Tipe
ini kurang efisien bila machine slip. Jenis ini biasanya dipasang
pada machine dengan 4 wheel drive. Pada Off
High Way Truck yang menggunakan differential standard dipasang
AETA (Automatic Electronic Traction Aid).
2. Nospin Differential
Sistem ini merupakan jenis differential yang
dapat mengunci secara otomatis (automatic locking) yang memaksa kedua roda
untuk berputar dengan kecepatan yang sama dalam kondisi apapun. Differential
ini secara efektif mengunci seluruh roda dan mengalirkan sampai 100% dari
torque yang tersedia ke salah satu roda bila diperlukan. Ketika berbelok, roda
luar menjadi tidak terhubung (disengaged) dan berputar lebih cepat kemudian
mengalirkan torque ke roda yang berputar lebih pelan. Differential ini
biasanya dipakai pada machine wheel loader, intregated tool carrier, landfill
compactor, dll.
3. Limited Slip Differential
Limited slip differential merupakan jenis
differential yang dapat mengunci (locking type) yang dirancang untuk
menyalurkan tenaga yang sama ke kedua roda. Limited slip differential ini dapat
menyalurkan tenaga yang hilang dari sisi yang bertraksi kecil ke sisi yang
bertraksi besar. Differential ini merupakan pengembangan langsung dari standard
differential. Komponen utama pada limited slip differential antara lain: side
gear, clutch pack, pinion gear, pinion shaft dan actuator housing. Differential
jenis ini biasanya dipakai pada machine wheel loader, integrated tool carrier,
dll.
4. Differential Lock
Sistem ini tidak secara otomatis bekerja tetapi dikontrol oleh
operator. Bila lock diaktifkan maka roda kiri dan roda kanan akan berputar
dengan torque yang sama. Bila lock tidak diaktifkan maka sistemnya sama dengan
conventional differential.
Nama–nama komponen dari differential antara
lain: pinion, bevel gear, carrier, speeder gear dan side gear.
Demikian tentang jenis-jenis
diffrential pada alat berat, semoga bermanfaat.